Jumat, 18 Maret 2011

AS-Jepang Berdebat Mengenai Jarak Aman Radiasi




Tokyo – Jarak aman radiasi nuklir yang bermasalaha di Fukushima, Jepang, menjadi perdebatan Negeri Sakura dengan Amerika Serikat (AS). Keduanya berbeda pendapat.

AS mengimbau warganya yang berada di Jepang agar tidak memasuki wilayah sekitar PLTN yang bermasalah tersebut pada radius 80 km. Sedangkan Jepang, baru mengevakuasi warganya pada radius 20 km dan meminta yang berada di radius 30 km agar tidak keluar dari rumah masing-masing.

“Keputusan ini dibuat berdasarkan kalkulasi dan evaluasi sains yang amat hati-hati. Serta peraturan yang kami gunakan untuk memastikan warga AS dan dunia aman,” kata Obama, mengenai keputusan AS untuk menetapkan zona terlarang.

“Kami juga memiliki tanggung jawab untuk membuat langkah-langkah pencegahan dan mengedukasi warga AS yang mungkin berada dalam bahaya atau terancam ekspos radiasi jika situasinya memburuk,” lanjut Presiden AS ke-44 itu.

Sementara Perdana Menteri (PM) Jepang Naoto Kan menyatakan, tak perlu mengevakuasi pada radius 80 km sebagaimana yang disarankan AS. Menurutnya, setelah berbincang dengan Obama via telepon, kondisinya belum seburuk itu.

Pejabat AS enggan mengomentari keputusan Jepang, namun menyatakan setiap negara memiliki pendekatan regulasi yang berbeda. “Bagaimanapun, kami akan membantu rakyat Jepang mencegah terjadinya krisis dan membangun kembali negara yang hebat itu,” pungkas Obama.






Sumber : Kaskus

4 komentar:

Handoyo susanto mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Handoyo susanto mengatakan...

apapun masalahnya hal yang terpenting ialah menyelamatkan warga jepang dan warga asing agar selamat dri bahaya radiasi nuklir semoga masalah ini
maaf saya lupa menyertakan id kaskus saya.id kaskus saya :bistro1996

Unknown mengatakan...

gan ane udah banyak nih....kasih cendol dong
ID:XRaZ

kesuma.arditya mengatakan...

ini pelajaran buat semua negara yg telah membuat program nuklir. senjata makan tuan namanya.
secanggih apapun tuh negara klo udah maen2 ama nuklir. siap2 hancur deh tuh negara.
pelajaran buat rakyat indonesia. jangan ikut2an ya.....(arethey2004)

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Indahnya Berbagi. All rights reserved.
Themes by Ex Templates Blogger Templates l Home Recordings l Studio Rekaman